Keuntungan Investasi Aset Properti – Resor Dago Pakar

Maison

Keuntungan Investasi Aset Properti

resordagopakar.com – Aset properti sering dijadikan simbol kemapanan seseorang. Selain itu, aset properti juga sering dimanfaatkan sebagai instrumen investasi jangka panjang.

Direktur dari Ray White Projects, Commercial dan Cikarang, Erwin Karya mengatakan, ada banyak alasan mengapa aset properti jadi pilihan banyak orang untuk berinvestasi.

Apa saja keuntungan investasi properti?

Harga Properti Cenderung Meningkat

Sektor properti menjadi salah satu sektor yang tahan banting terhadap berbagai faktor, termasuk disrupsi digital.

Properti komersial serta residensial memang memiliki stok terbatas, sedangkan permintaan cenderung meningkat setiap tahun. Inilah yang membuat harganya tetap mengalami peningkatan.

Bahkan selama pandemi COVID-19, pemerintah menstimulus masyarakat dengan memperpanjang kebijakan Insentif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) Ditanggung Pemerintah (DTP), hingga September 2022. Kebijakan ini mendorong konsumen untuk mencari rumah pertama mereka sesegera mungkin. Akibatnya, harga properti terutama rumah tapak, mengalami kenaikan secara konsisten.

 

 Bisa digunakan sebagai tempat tinggal atau tempat usaha

 Aset properti memiliki fleksibilitas penggunaan selain digunakan untuk tempat tinggal juga dapat dijadikan tempat usaha. Bagi para investor yang berencana untuk membangun bisnis, aset properti bisa menjadi modal usaha sebagai toko atau lokasi produksi. Jika tidak memiliki banyak waktu untuk mengelola bisnis, pemilik asset juga bisa menjadikan aset properti sebagai sumber pendapatan pasif dengan membuka jasa sewa properti (ruko, kontrakan, kost, dll).


Memiliki Capital Gain yang Cukup Besar

Capital gain merupakan keuntungan yang diperoleh dari berinvestasi. Istilah itu merujuk pada selisih antara harga jual aset dikurangi dengan harga beli ditambah biaya-biaya.

Umumnya, jangka waktu investasi properti untuk menghasilkan capital gain adalah 3-5 tahun.

Sebagai contoh, capital gain properti di lokasi strategis berkisar di angka 15-35 persen dalam setahun. Kalau para investor  memilih investasi properti seharga Rp 1 miliar dengan capital gain 35 persen, keuntungan yang didapat bisa mencapai Rp 350 juta.

Keuntungan tersebut tergolong besar karena investasi lain belum tentu dapat memberikan imbal hasil seperti itu dalam jangka waktu satu tahun.


Bisa Jadi Agunan saat Mengajukan Pinjaman

Selain dapat disewakan dan ditinggali, aset properti juga bisa dijadikan sebagai jaminan saat pemilik asset membutuhkan pinjaman bank, baik untuk kebutuhan pribadi yang mendesak maupun modal usaha.

Mayoritas bank memberikan prioritas pinjaman bagi pihak yang memiliki agunan, termasuk jaminan dalam bentuk properti.

Soalnya, aset properti bersifat likuid sehingga mudah untuk dicairkan kembali menjadi uang. Dengan memiliki aset properti, maka pemilik asset lebih mudah untuk mendapatkan pinjaman uang.

Meski demikian, pemilik asset perlu melakukan perhitungan secara cermat agar tidak terjadi gagal bayar. Dampaknya aset properti bisa saja lepas dan disita bank. Itulah beberapa keuntungan investasi properti yang bisa dipertimbangkan saat ingin menjadikannya sebagai instrumen investasi.

Perlu diketahui, investasi properti tergolong menguntungkan untuk semua jenis hunian, baik apartemen, rumah tapak, serta ruko.

 

Sumber :

Dana Aditiasari – detikProperti

Minggu, 23 Jul 2023 11:16 WIB

Referensi:

https://www.cimbniaga.co.id/id/inspirasi/investasi/kenali-3-kelebihan-dari-investasi-tanah-dan-properti

https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Category/47


Info Lebih Lanjut Hubungi:

📞 Whatsapp & Telp: 0822-8000-4509 & (022)-2531-191
📧resordagopakar@gmail.com
📍 Jl. Dago Pakar Permai I No.9 Kav 96, Bandung, Jawa Barat, Indonesia 40198

#ResorDagoPakar #TheMajesticBeautyOfBandung #EdukasiProperti #InvestasiProperti #ExclusiveLivingWithNature #BestViewResidence #BestViewInBandung #HunianBandung #RumahBandung #KavlingBandung #RumahNyamanBandung

Mulai chat
1
Halo, ada yang dapat kami bantu?